Mengapa diet tidak makan nasi bikin ngantuk

Hal ini membuat nasi berperan besar terhadap kenaikan kadar gula darah dalam tubuh yang pada akhirnya bisa meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Insulin mampu meningkatkan kadar triptofan dalam otak.

Kenapa Makan Nasi Putih Bisa Bikin Ngantuk?

Setelah makan, tubuh melepaskan hormon, seperti hormon amilin, glukagon, dan kolesistokinin. Oleh karena itu, makanan yang baik sebelum tidur adalah yang mengandung karbohidrat dan protein, seperti sereal dan susu. Ini artinya, mayoritas masyarakat Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Tubuh membutuhkan tenaga yang sangat besar untuk memecah komponen karbohidrat yang kemudian akan di serap oleh sel-sel tubuh.

Melakukan aktivitias fisik akan meningkatkan kadar energi di dalam tubuh dan mengusir kantuk. Usahakan untuk menyeimbangkan porsi makan dengan nutrisi lain seperti protein rendah lemak, vitamin, mineral, dan serat.

Perasaan ngantuk dan lemas setelah makan bisa jadi salah satu reaksi tubuh Anda terhadap proses perubahan kimia dalam sistem pencernaan Anda. Makan nasi dari beras cokelat, beras merah, atau beras hitam sebagai alternatif makanan pokok.

Yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Makan Nasi dan Roti Sebagai makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, nasi juga memilki nilai indeks glikemik yang tinggi. Serotonin membuat Anda merasa tenang dan nyaman.

Pixabay Memang normalnya kalau seseorang sering ngantuk, berarti ada masalah pada kesehatan fisiknya. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda menderita kondisi ini atau jika Anda sering merasa ngantuk terutama setelah makan.

Anda juga dapat mengonsumsi makanan jenis lemak yang sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, tahu, serta biji-bijian. Terlebih lagi, semakin banyak makanan masuk, maka semakin berkuranglah kapasitas oksigen yang masuk ke tubuh kita. Ini karena tubuh manusia akan bereaksi terhadap asupan nutrisi yang didapatkan.

Namun, makan kekenyangan justru membuat kita malas mengerjakan apa pun, bahkan kita jadi mengantuk. Jangan makan nasi berlebihan. Anda merasa sedang membawa beban yang di luar kesanggupan Anda.

6 Penyebab Kenapa Anda Sering Mengantuk, Padahal Sudah Tidur Cukup

Makan nasi dari beras coklat,beras merah, atau beras hitam sebagai alternatif makanan pokok. Bubur ayam Bagi anda yang menyukai bubur ayam, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi bubur ayam pada siang hari karena makanan ini tidak akan membuat anda terlalu kenyang sehingga menyebabkan mengantuk.

Usahakan untuk menyeimbangkan porsi makan dengan nutrisi lain seperti protein rendah lemak, vitamin, mineral, dan serat. Selain nasi, ternyata ada beberapa jenis makanan lain yang masuk dalam kriteria makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti roti, kentang, dan gula konsentrat.

Pola pencernaan dan hormon pada otak Tubuh membutuhkan energi untuk melakukan fungsinya, dan energi ini diperoleh melalui makanan.

Karena itu, Anda masih bisa mengonsumsi nasi tanpa takut langsung mengantuk. Secara umum, sensasi ngantuk setelah makan ini disebut dengan food coma.

Apakah ini tanda Anda sedang menderita penyakit? Makan nasi cokelat, nasi merah, atau nasi hitam sebagai alternatif makanan pokok Anda.

Sebagai makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, nasi juga memiliki nilai indeks glikemik yang tinggi. Sedangkan melatonin sendiri adalah hormon yang akan diproduksi agar tubuh bisa beristirahat.

Ini karena tubuh manusia akan bereaksi terhadap asupan nutrisi yang didapatkan.Penyebab ngantuk setelah makan. Perut kenyang dan kemudian muncul rasa kantuk. Hal ini sering terjadi pada banyak orang. Perasaan mengantuk setelah makan dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti jenis makanan yang Anda makan, kebiasaan tidur tidak teratur, kondisi kesehatan, dan lain.

4 Penyebab yang Membuat Kita Ngantuk Setelah Makan

Meskipun makan nasi bikin ngantuk, bukan berarti nasi tidak baik sama sekali. Anda tetap bisa mengonsumsi nasi tanpa khawatir jadi mengantuk.

Sehabis Makan Nasi Jadi Cepat Ngantuk? Ini Alasannya

Berikut tips-tips mencegah ngantuk setelah makan nasi yang bisa Anda lawsonforstatesenate.com: Wisnubrata. "Biasanya kalau insulin drop, tubuh jadi gampang lelah dan cepat laparnya lagi. Makanya kalau kita makan siang karbonya nasi, itu setelahnya pasti ngantuk," ujar Author: Fajarina Nurin.

Menurut beberapa penelitian, ngantuk ternyata tak hanya disebabkan karena Anda kurang tidur atau kelelahan, sebab makanan yang Anda konsumsi pun bisa menyebabkan ngantuk.

Meskipun makan nasi bikin ngantuk, bukan berarti nasi tidak baik sama sekali. Anda tetap bisa mengonsumsi nasi tanpa khawatir jadi mengantuk. Berikut tips-tips mencegah ngantuk setelah makan nasi yang bisa Anda terapkan.

Sebagian besar kalori dalam nasi berasal dari karbohidrat, dengan kandungan karbohidrat per porsinya Satu cangkir nasi putih mengandung sekitar kalori.

Mengapa Makan Nasi Bikin Ngantuk?

Mengapa diet tidak makan nasi bikin ngantuk
Rated 4/5 based on 98 review