Sap diet untuk pasien tb paru

Gejala khusus a. Penyebab Tuberkulosis disebabkan oleh basil TB Mycobacterium tuberculosis humanis yang termasuk famili Mycobacteriaceae yang mempunyai beberapa genus, satu diantaranya adalah Mycobacterium, salah satu spesiesnya adalah Mycobacterium Tuberculosis.

Gambaran secara klinis tidak terlalu khas terutama pada kasus baru, sehingga cukup sulit untuk menegakkan diagnosa secara klinik.

Penularan jarang terjadi dengan kontak langsung atau barang-barang yang terkontaminasi, orang dewasa yang terinfeksi TBC dapat menularkan mycobacterium tubrculosis ke anak. Pernah mengeluarkan dahak bersama darah 3. Gejala yang tidak spesifik Dapat ditemukan rasa tidak enak bada malaisenafsu makan berkurang yang menyebabkan penurunan berat badan, sakit kepala dan badan pegal-pegal.

Sifat bentuk dimulai dari batuk kering non-produktif kemudian setelah timbul peradangan menjadi produktif menghasilkan spuntum.

Diet yang Tepat untuk Mengobati Tuberkulosis (TBC)

Tujuan Instruksional Umum: Bagaimana dengan sumber lemak? Melalui usaha pembatasan ketidakmampuan untuk membatasi kasus baru harus dilanjutkan, dengan istirahat dan menghindari tekanan psikis. Selain itu, pengetahuan tentang resistensi obat dan gejala infeksi juga penting untuk seleksi dari petunjuk yang paling efektif.

Penyebab Penyakit TB paru disebabkan oleh kuman Mycrobacterium Tuberculosis, kuman tersebut biasanya masuk ke dalam tubuh melalui udara pernapasan ke dalam paru-paru.

Terjadi gesekan kedua pleura sewaktu pasien menarik atau melepaskan napasnya. Demam Biasanya menyerupai demam influenza. Sel-sel yang berperan dalam melawan infeksi tentu membutuhkan sumber protein untuk memperkuat serangannya. Mendengarkan Pengembangan 2. Memeriksa anggota keluarga lainnya apakah terkena penularan TB paru 4.

Sukar diobati karena kemungkinan kuman menjadi kebal sehingga diperlukan obat yang lebih ampuh dan dapat menjadi penyakit TB MDR dimana merupakan TB yang sudah parah. Gejala utama TB pada orang dewasa adalah batuk berdahak yang terus menerus selama 3 minggu atau lebih. Apabila pasien yang tidak menerima pengobatan, mengalami penurunan daya tahan tubuh maka latent tuberculosis akan berkembang menjadi active tuberculosis.

Mencegah penularan pada pasien TBC dengan cara: Menjelaskan maksud dan tujuan.

Kontrol lingkungan dengan membatasi penyebaran penyakit, disinfeksi dan cermat mengungkapkan investigasi epidemiologi, sehingga ditemukan bahwa kontaminasi lingkungan memegang peranan terhadap epidemi TBC.

Bertanya 7. Sugiyanto, A. Mengingatkan pasien untuk periksa ulang dahak pada waktu yang telah di tentukan. Penyebab TB paru c. Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya.

Penyakit TBC biasanya menular melalui udara yang tercemar dengan bakteri Mikobakterium tuberkulosa yang dilepaskan pada saat penderita TBC batuk, dan pada anak-anak sumber infeksi umumnya berasal dari penderita TBC dewasa.

Pirazinamid Efek samping utama ialah hepatitis imbas obat penatalaksanaan sesuai pedoman TB pada keadaan khusus. Mungkin terlalu rumit bagi Anda jika harus menghitung nilai gizi dari makanan yang Anda makan satu per satu.

Sayangnya, pada anak-anak, umumnya batuk lama bukan gejala utama TB. Makanan selingan bisa berupa roti, susu, buah, salad sayur, dan makanan sehat lainnya cukup dalam porsi kecil. Perhitungan kebutuhan energi dan zat gizi makro dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh penderita BB dan TB dan Penderita dapat diberikan salah satu dari dua macam diit Tinggi Energi Tinggi Protein TETP sesuai tingkat penyakit penderita.

Jumlah penderita TBC paru dari tahun ke tahun di Indonesia terus meningkat. Dimulai dengan diagnosis kasus berupa trauma yang menyebabkan usaha penyesuaian diri secara psikis, rehabilitasi penghibur selama fase akut dan hospitalisasi awal pasien, kemudian rehabilitasi pekerjaan yang tergantung situasi individu.

Pemenuhan nutrisi untuk pasien TBC bertujuan untuk menjaga berat badan dan juga untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh penderita.Kontrol pasien dengan deteksi dini penting untuk kesuksesan aplikasi modern kemoterapi spesifik, walau terasa berat baik dari finansial, materi maupun tenaga.

Metode tidak langsung dapat dilakukan dengan indikator anak yang terinfeksi TBC sebagai pusat, sehingga pengobatan dini dapat diberikan. Selain itu, pengetahuan tentang resistensi obat dan gejala infeksi juga penting untuk seleksi dari petunjuk yang Author: Tika Permatasari Saputri.

1SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) DIET PADA PENDERITA TBCDI RUANG DAHLIA (lawsonforstatesenate.com) RSUD ULIN BANJARMASINTema/Pokok Bahasan:Penyuluhan Tentang Diet Pada Penderita Slideshare uses cookies to improve functionality and performance, and to.

Tn. M. Irmansyah, Jenis Kelamin Laki-Laki, Umur 52 tahun, masuk rumah sakit pada tanggal 3 AprilTBBB 40 kg, di diagnose TB Paru, Anorexia.

Riwat Penyakit Sekarang: Pasien dating kerumah sakit dengan keluhan batuk-batuk lebih dari 1 bulan, riwayat batuk darah. Protein digunakan tubuh untuk mencegah dan mengurangi kerusakan jaringan dan juga untuk menjaga berat badan pasien agar masih dalam rentang normal.

Sel-sel yang berperan dalam melawan infeksi tentu membutuhkan sumber protein untuk memperkuat serangannya. Anda harus mendapatkan sumber protein dari dua sumber, yaitu sumber hewani dan sumber nabati.

Sumber hewani, contohnya ayam. · Salah satu masalah yang sering ditemukan pada pasien yang menderita TB Paru adalah masalah Kurang Gizi. Keadaan tersebut akan menyebabkan lamanya pengobatan dan pulihnya kesehatan.

Diet salah satu aspek penting dalam penanatalaksanaan penyakit TB Paru. Untuk mengetahui penatalaksanaan diet TB Paru silakan download di. · Sebagian besar penderita TB Paru BTA positif menjadi BTA negatif (konversi) pada akhir pengobatan intensif.

4) Pada tahap lanjutan penderita mendapat jenis obat lebih sedikit, namun dalam jangka waktu yang lebih lama.

Sap diet untuk pasien tb paru
Rated 5/5 based on 96 review